Catatan Ngaji Alfi

Yuukk, LOMBA!

Btw, ini adalah postingan ke-4 di website ini. Sebenernya sih udah ada beberapa ide dan judul untuk segera dikembangkan isinya. Tapi.. sudah seminggu ini nggak Alfi sentuh-sentuh lagi karena temanya nggak pas di mood hati Alfi. Hope, sometime bisa melanjutkan menggarap judul dan ide yang mangkrak itu.

Then, karena saat ini Alfi sedang diberi special gift dari Allah, yaitu sedang banyak sekali pintu-pintu kebaikan yang Allah bukakan untuk Alfi, maka Alfi akan sharing berkaitan dengan berbuat kebaikan.

Lets we talk about it.

Islam merupakan agama yang sangat kompleks dalam mengatur kehidupan pemeluknya. Dari bangun tidur hingga tidur kembali. Setiap detik waktu dari kehidupan kita diatur dalam Islam. Dari bagaimana cara kita beraktivitas hingga bagaimana cara kita tidur.

Selain telah diatur, detik waktu kita di dunia nantinya juga akan di assessment di yaumul hisab. Apakah waktu yang Allah berikan kita gunakan dengan baik atau malah kita sia-siakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat?

Sebagai muslimah yang cerdas, tentunya kita memilih untuk menggunakan waktu yang Allah berikan untuk hal-hal yang bermanfaat. Kita gunakan waktu kita untuk selalu menebar kebaikan, saling tolong-menolong, saling meringankan dan saling berbagi. Apabila kita seorang mahasiswa maka kita akan menggunakan waktu untuk terus belajar dan mengukir prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik. Atau minimal kita tidak membuat kecewa dan khawatir kedua orang tua kita. Itu saja sudah cukup.

Tidak sepatutnya kita menjadi seorang muslimah yang menyia-nyiakan waktu terbuang tidak bermanfaat. Misalnya, dibangku kuliah kita hanya menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Mahasiswa yang malas belajar, malas mengerjakan tugas, tidak suka berdiskusi, tidak giat berusaha, dan kemudian malah hasad apabila ada teman yang mempunyai prestasi lebih. Semoga kita tidak termasuk didalamnya. Naudzubillah.

Juga mungkin kita sepulang dari kuliah hanya mengurung diri kamar, berjam-jam bermain gawai yang tiada manfaat. Stalking akun-akun gossip, bermain game useless hingga lupa waktu, ikut menyebarkan berita hoax, atau malah ikut-ikutan mengadu domba teman melalui medsos. Naudzubillah.

Menurut Alfi, boleh-boleh saja kita menggunakan gadget, namun kita juga harus smart menggunakannya. Banyak sekali fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan dan diambil kebaikannya. Misalnya, membaca novel atau komik online, berjualan olshop, editing foto/video, berlatih menggambar desain, manajerial keuangan, mencari hiburan dengan syarat tidak lupa waktu, dsb. Sebenarnya sih banyak sekali kegunaan positif dari gadget. Tinggal bagaimana kebijakan dari kita dalam menggunakannya sehingga kita tidak terperdaya menjadi seorang pemalas karenanya.

Tapi terkadang nih, Fi.. Males itu selalu melanda. Pengen sih berbuat kebaikan, semangat belajar, dan banyak hal baik yang sebenernya pengen dilakukan, TAPI MUALESSNYAA.. Gimana dong solusinya?

Solusinya adalah LAWAN MALAS.
Titik.

Hmm, bukan solusi itu mah, Fi!
Terus apalagi dong, Alfi juge bingung jadinya -__-

Solusi dari Alfi ya cuman: LAWAN MALAS DAN SEMANGAATT BERBUAT BAIK.

Ohh sik sik, Alfi tauu.. Kita buka Quran aja lah yuukk..

Kita inget-inget lagi apa yang Allah perintahkan kepada kita tentang semangat berbuat kebaikan. Ada di Surat Al Baqarah ayat 148. Begini artinya, Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Kita highlight kalimat Maka berlomba-lombala kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya.

Nah, dalam ayat itu, Allah sudah menyuruh kita untuk berlomba dalam kebaikan. Makna berlomba adalah banyak-banyakan. Banyak-banyakan mengumpulkan kebaikan. Sebanyak-banyaknya .Terus, lomba itu kan cepet-cepetan, jadi yaa.. cepet-cepetan meraup kebaikan di dunia. Berlomba penuh semangat juga, karena yang namanya lomba kan pasti harus semangat. Dan cepet-cepetan karena kita tidak tau kapan ajal akan menjemput kita. Jadi harus cepet, keburu diduluin sama kematian. Juga harus terus bersemangat berbuat baik, karena kita tidak tau amalan mana yang akan diterima oleh Allah nantinya.

Lhah, Fi, kemudian untuk apa kebaikan yang sudah kita kumpulkan? Yaaa untuk mendapat pahala dari Allah, untuk mendapatkan cintaNya, dan untuk menggapai ridhoNya. Mari kita simak lagi kalimat setelah berlomba dalam kebaikan. Disitu ada kalimat informasi dari Allah yaitu, Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Maknanya adalah setelah selesai berlomba mengumpulkan kebaikan, kita akan dikumpulkan oleh Allah di suatu hari untuk menimbang kebaikan yang telah kita kumpulkan selama di sirkuit, yaitu selama di dunia. Pada hari setelah kebaikan kita dinilai, disitulah kehidupan paripurna kita akan dimulai. Harapan kita tentunya mendapatkan paripurna yang indah. Aamiin.

Jelas ya sekarang, gimana caranya biar semangat terus dalam kebaikan? Jawabannya adalah dengan mengingat bahwa Allah memang sudah memerintahkan kita untuk berlomba dalam kebaikan. Untuk sebanyak-banyaknya meraup keuntungan dari kebaikan yang kita lakukan. Sehingga kita akan menjadi hamba yang beruntung di hari dimana kita dikumpulkan di yaumul akhir kelak. Tentunya semua terjadi karena kasih sayang Allah kepada kita semua. Karena tanpa kasih sayangnya kita tidak mungkin bisa melakukan kebaikan-kebaikan. Semoga dengan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan dapat mendekatkan kita pada ridho Allah. Aamiin.

Jadi.. Yuukk, LOMBA!

Semoga Allah mengampuni dan meridhoi.

Semoga bermanfaat 🙂

Ngalas, 25 Maret 2018
Alfiana Fi

PS: Isi tulisan ini terinspirasi dari nasihat Umi Rofi, Ibu asramaku dulu. Beliau selalu mengingatkan kami semua untuk selalu berlomba dalam kebaikan. Terekam dengan jelas bagaimana nada dan gaya Umi Rofi saat memberi nasihat tersebut. Juga dari dosen Alfi, Pak Wawan. Beliau menyampaikan ayat ini saat kajian rutin di kampus, YKS. Masih tersimpan video saat beliau ceramah. Sedangkan judul tulisan ini, terinspirasi dari caption wa story temen dekat Alfi yang juga sangat menginspirasi Alfi. Jazakallah telah menjadi inspirasi untuk Alfi. Dan atas kemurahan hati Allah, Allah berikan Alfi teman-teman yang juga selalu mengingatkan Alfi pada kebaikan, pada Allah. Semoga Allah menghimpun kita semua disurgaNya. Aamiin.

Picture from google

About Author

Welcome my blog! Ini cuman blog happy-happy yaa teman-teman. Semoga apa-apa yg kita lakukan, termasuk aku menulis dan teman-temab membaca di blog ini tercatat kebaikan yang dapat mendekatkan kita pada Ridho-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *