Catatan Ngaji Alfi

Bengkel Diri : Solusi Preparasi Diri

Assalamualaikum shalihaahh …

Tulisan kali ini, aku akan membahas mengenai Bengkel Diri. Sebelumnya aku sama sekali belum pernah membahas sedikitpun mengenai Bengkel Diri ini. Bikin story di Igstories/Wastories tentang Bengkel Diri ini pun hampir tidak pernah. Alasannya klasik : aku nggak PD kalau temen-temen pada tau kalau aku ikut beginian, anword malu gitu hehe. Tapi kali ini aku sudah mantap ingin berbagi kepada teman-teman semua. Semoga bisa diambil manfaatnya.

Langsung simak aja ya, seluk beluk Bengkel Diri.

Emm .. jadi apa sih Bengkel Diri itu?

Bengkel Diri adalah sekolah online via WhatsApp Group yang diinisiasi oleh Ummu Balqis seorang marriage ethusiast and influencer (profil beliau lgsg saja ke akun ig @ummubalqis.blog). Tujuan adanya sekolah online Bengkel Diri ini adalah nge-bengkel diri seorang muslimah. Namanya juga bengkel diri kan yaa.

Bengkel Diri saat ini ada Level 1 dan Level 2. Alhamdulillah, aku jadi siswi Level 1 angkatan 2 dan siswi Level 2 angkatan 1.

Materinya apa aja?

Kalau ngomongin soal materi aku suka banget nih, materi di Bengkel Diri itu mencakup seluruh aspek kehidupan. Nggak cuman ngomongin tentang akhirat doang, tapi disini kita juga ngebahas gimana agar hidup kita balance antara dunia dan akhirat. Karena kebetulan aku sudah ikut 2 level, aku bisa ngebandingin meteri-materi tiap levelnya.

Level 1 lebih membahas mengenai mengenal diri sendiri, life mapping, melenjitkan potensi diri itu gimana, manajemen waktu itu gimana, manajemen emosi diri, pengokohan aqidah, mengenal qadla dan qadar Allah, basic komunikasi, berbakti pada orang tua, gimana kalian bersosialisasi sebagai seorang muslimah. Dan pemantauan amaliyah harian selama dua bulan full !! Dan ada bonus materi di Level 1 yaitu mengenai cara memulai bisnis sesuai rules agama. Materi di Level 1 itu basic kita dalam menjalani kehidupan gitu temen-temen. Materi dan tugasnya cukup ringan-ringan tapi sangat mengena dan sangat aplikatif.

Nah kalau Level 2 materinya lebih wadidaw. Ngeriikk seger sedap. Materi di Level 2 ini lebih mengarahkan kita pada preparasi diri kita untuk kehidupan kita yang lebih kompleks. Materinya lebih luas dan lebih membuka cakrawala kita. Di Level 2 dibahas mengenai Fiqih Keluarga (mulai dari preparasi diri menjadi jodoh impian, kehidupan saat pernikahan, komunikasi suami-istri, manajemen konflik keluarga, poligami, talaq, li’an), cukup lengkap deh tentang Fiqih Keluarga. Klinik Psikologi juga ada, dibahas juga mengenai kehidupan perekonomian dalam Islam, diajarin jadi emak-emak yang kreative, diajarin gimana bikin Kurikulum Keluarga, dan yang seru kita juga diajarin biar bisa nulis dan ngeblogging.

Level 2 materinya lebih kompleks ya temen-temen. Dan kalian tau, untuk aku yang baru masuk umur 20 tahun beberapa hari yang lalu ini, belajar materi di Level 2 itu sungguh menguras fikiran. Sungguh menguji semangat belajarque. Atau mungkin karena aku yang jarang belajar kalik yaa hehe. Bener-bener membuka mataque sekali lagi bahwa preparasi diri menuju ‘destinasi akhir’ kita nanti itu sangatlah penting. Apalagi kalau tentang matari Fiqih Keluarga, asliik itu harus berkali-kali ngulang materi, gak bisa sekali nangkep hehe. Materi-materi di Level 2 itu materi yang buagus-buaguss ceu. Untuk tugas di Level 2 ini apalagi, membuat imajinasique mengawang bebas haha. Membuat aku haruss mikir keras haha. Tapi seruuu …

Untuk materi kurang lebih seperti itu saja yang bisa aku ceritakan. Untuk pengen tau lebih lagi mengenai materinya, temen-temen bisa buka di akun instagram @bengkel_diri . Temen-temen bisa ngintip jadwal perkuliahan yang ada dipostingan akun officialnya. Dan kalau pengen tau banget buruan registrasi, waiting list nya sekarang panjang lhohhh hehe

Cara belajarnya gimana?

Cara belajar di Bengkel Diri ini melalui WhatsApp Group. Nanti temen-temen yang sudah registrasi akan di invite di grup. Ada dua grup, yaitu grup Kelas dan grup Cafe. Grup Kelas untuk belajar dan Grup Cafe untuk ngobrol-ngobrol bebas sesuai dengan kesepakatan yang ada di kelas. Setiap kelas ada wali kelasnya gitu. Wali kelas fungsinya buat ngontrol amaliyah harian kita.

Nah, di grup kelas nanti sistem belajarnya ada Fasilitator dan Moderator. Fasilitator tugasnya memberikan materi melalui Slide dan Voice Note. Sedangkan moderator tugasnya memimpin jalannya perkuliahan dan tanya jawab. Jangan khawatir, fasilitator adalah para expert dibidangnya. masyaAllah pokoknya, gak akan nyesel dengan para fasiliatornya.

Perkuliahan diadakan 2-3 kali dalam seminggu. Total 20 kali pertemuan dalam 2 bulan. Setiap satu kali perkuliahan dua jam lamanya. Plus ada pemantauan amaliyah harian setiap hariii .. masyaAllah yaa. Dan kalau temen-temen masih kepo dengan materinya bisa lanjut diskusi di grup cafe ataupun tanya wa pribadi dengan fasilitator.

Menurutku, Bengkel Diri ini cara belarnya enak banget. Karena pakainya Voice Note. Jadi bisa didengarkan kapan aja dan dimana saja. Dan yang jelas ngirit baca wkwk. Dan enaknya lagi, ada dua grup, grup kelas dan grup cafe. Jadi nggak kecampur-campur antara materi dan obrolan ngalor ngidulnya para siswa.

Ada tugas nggak?

Ada dong! Sekolah nggak ada tugas itu haluu wkwk

Setiap judul perkuliahan ada tugasnya masing-masing. Ada tenggat waktu mengerjakannya juga. Tapi yaa karena aku suka males jadi yaa suka-suka gitu ngerjaiinya wkwk. Tugas dikumpulkan melalui postingan kita di instagram. Jadi nanti temen-temen yang mau tau tugasnya gimana silakan ngintip di instagramku yaa hehe, semoga bisa diambil manfaatnya.

Tugas Level 1 alhamdulillah sudah terselesaikan dengan sangat terlambat. Itupun selesai karena “kepepet” untuk syarat daftar Level 2. Ahh yang penting sudah selesai. Untuk tugas Level 2 baru on the way pengerjaan, tunggu aja yaa di timeline instagramku @alfiana.fi

Tapi dibawa selow aja temen-temen tugasnya, gak usah dijadikan beban. Prinsipku sih gitu, ngerjain tugas emang harus, tapi yang lebih harus lagi adalah pengamalan kita terhadap materi-materi yang disampaikan.

Siapa saja yang bisa ikut?

Kuliah online ini khusus untuk muslimah saja yaa. NO LAKI-LAKI hehe. Untuk usia bisa berapapun. Ada yg SMA, Kuliahan kayak aku gini, ada yg sudah bekerja. Tidak terbatas latar belakang dan domisili.

Cara daftarnya gimana?

Daftar melalui akun instagram @bengkel_diri nanti akan ada panduannya disana. Kalau aku dulu, hubungi admin, isi form, registrasi biaya perkuliahan, menunggu info, terus di invite di grup. Cukup mudah ko temen-temen. Cumaan yaa fyi, ini antrinya luamaaa. Jadi mohon bersabar menunggu respon dari admin. Karena banyak banget yang daftar di Bengkel Diri. Baca-baca aja panduan-panduan terbaru yang diposting di ig, karena mungkin ada perubahan dari sewaktu dulu aku daftar.

Ada biayanya nggak?

Aku pernah membaca quote dari Imam Syafi’i bahwa belajar itu harus mengorbankan 6 hal, salah satunya biaya. Di Bengkel Diri ini berbayar. Untuk biayanya berapa bisa langsung lihat di akun @bengkel_diri saja yaa teman-teman. Tapi aku jamin, dengan biaya segitu temen-temen nggak akan nyesel menginvestkan uang tabungan atau hasil ngirit kalian untuk ikut kuliah ini. Maklum laah dirique kan masih anak sekolah, jadi untuk biaya-biaya sekolah online gini biasanya pake uang tabungan atau ngirit dari nggak jajan lipen dan skincare wkwk. Tapi insyaAllah akan bermanfaat dan akan tercatat sedekah uang yang kalian gunakan untuk registrasi sekolah online ini.

Bonusnya apa?

Bonusnya adalah ukhuwah. Ukhuwah yang sangat tulus. Jadi ceritanya di angkatanku, aku adalah siswa yang paling muda usianya. Sebuatannya kalau di kelas “bontot” (ngalahin Mbak Tiwul). Dan aku terlihat sangat nggak ngerti apa-apa gitu di grup ini. Tapi alhamdulillah mbak-mbak dan emak-emak yang ada di Bengkel Diri ini sungguh sahabat surga yang Allah kirimkan untukku di dunia. Yang awalnya hanya bersua di online, belum lama bisa bersua di dunia nyata. Tambah temen, tambah orang buat dengerin curhatan wkwk (colek Mbak Tiwul).

Teruntuk “Grup Bayangan” Bengkel Diri Class Makkah yaitu Grup Siglelillah aku cuman bisa berkata “love you because Allah”. Kapan-kapan kita makan Martabak bareng yaaa hehe, bareng di surga misalnya.
Seruu kaann temen-temen. Jadi itu sedikit cerita mengenai bengkel diri.
Jika dirasa pengen tau lebih jauh bisa tanya aku via email (1000istiqomah@gmail.com) atau chat Wa aku, atau lewat IG juga bisa. Semaksimalnya aku akan jawab. Karena kalau kita menunjukkan kebaikan kepada seseorang maka kita juga akan mendapat kebaikan yang sama seperti orang yang mengerjakan tersebut.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan yaa. Mohon didoakan biar aku bisa lulus Level 2 sehingga bisa ikut yang Level 3.

Alfiana Fi
Ngalas, 4 Februari 2019.

Wassalamua’alaikum Wr Wb.

About Author

Welcome my blog! Ini cuman blog happy-happy yaa teman-teman. Semoga apa-apa yg kita lakukan, termasuk aku menulis dan teman-temab membaca di blog ini tercatat kebaikan yang dapat mendekatkan kita pada Ridho-Nya.

(1) Comment

  1. Masya Allah…tabarakallah. Keren banget ulasannya. Semangat nulis dan ngeblognya ya…❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *